MEMBUAT PERHITUNGAN TABUNG


Nama : RITMA AMALIA NURWAHYUNI

Kelas : 9C

No Presensi : 26


Aplikasi Pemrograman Scratch

Scratch merupakan sebuah aplikasi untuk  membuat animasi, permainan, dan kreasi menarik yang lain. Scratch memudahkan programmer dalam membuat program tanpa perlu khawatir dengan penulisan sintaksis karena tidak perlu menulis kode. 

Kali ini kita membahas tentang menerapkan Subprogram di Scratch. Subprogram adalah hasil pemecahan dari program yang terdiri atas kumpulan blok perintah yang terpisah dari blok perintah utama. Sebagai contoh, kamu ingin membuat suatu program untuk menghitung volume dan luas permukaan tabung menggunakan parameter jari-jari alas (r) dan tinggi tabung (t). Proses penghitungan akan dilakukan pada subprogram sendiri yang dipisahkan dari bagian program utama. Untuk menghubungkan program utama dan subprogram akan digunakan mekanisme pengiriman pesan.


Di bawah ini program Scratch untuk perhitungan tabung



Ini adalah hasil dari program dalam bentuk video : 







Berikut adalah link google drive :